PEMASARAN SOSIAL
JASA ASUHAN KEBIDANAN
NAMA : DONA LEO ANITA
NIM : 1113201610
KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN FORD DE KOCK
TAHUN 2011/2012
STRATEGI PEMASARAN SOSIAL JASA ASUHAN KEBIDANAN
1.
PENGERTIAN
Pemasaran sosial merupakan suatu kegiatan
menjual produk yang berupa komoditi tertentu seperti pelayanan ide atau gagasan
dengan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarakat. Oleh karena itu proses
pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan agar dapat terlaksana dengan baik, perli
di adopsi pemasaran secara umum kemudian di aplikasikan secara intern sesuai
dengan kebutuhan bidan.
Ada beberapa defenisi mengenai
pemasaran diantara nya adalah:
a. Philip khotler (marketing)
Pemasaran
adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
b. Menurut philip khotler dan Amstrong
Pemasaran
adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang memperoleh jasa asuhan apa yang mereka butuhkan
dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai
dengan orang lain.
c. Menurut W.stanton
Pemasaran
adalah sistem keseluiruhan dari usah yang ditujukan untuk
merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuasakan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
2. TUJUAN PEMASARAN SOSIAL ASUHAN KEBIDANAN
·
Memberikan
pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat.
·
Memberikan
pelayanan sesuai dengan standart praktik keterampilan yang mana dalam
memberikan pelayanan kepada klien.
3. MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran berasal dari dua
kata yaitu manajemen dan pemasaran yang meliputi:
v Analisis
Analisi
yaitu dengan membuatinventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi yang
dapat membantu dan bekerja sama. Sasaran pemasaran jasa asuhan kebidanan adalah
ibu hamil,ibu bersalin,ibu nifas,bayi,balita,calon pengantin, pasangan usia
subur,wanita usia menopause, dan lanjut usia.
v Melakukan Riset
Tujuan
melakukan riset yaitu untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama kelompok
sasaran terhadap jasa pelayanan yang akan diberikan.
v Menyusun strategi pemasaran
Strategi
yang digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan
kompetitif yang berkelanjutan.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah:
v Faktor mikro, yaitu perantara
pemasaran, pesaing dan masyarakat
v Faktor makro, yaitu demografi
/ekonomi, polotik hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
a)
Strategi
pemasaran dari sudut pandang penjual:
v Tempat yang strategis
v Produk yang bermutu
v Harga yang kompetitif
v Promosi yang gencar
b)
Strategi
pemasaran dari sudut pandang pembeli/pelanggan :
v Kebutuhan dan keinginan pelanggan
v Biaya
v Kenyamanan
v Komunikasi
v Monitoring dan Evaluasi
Kegiatan monitoring adalh proses
untuk menemukan kekurangan atau kesalahan pada strategi yang telah diterapkan.
Evaluasi merupakan kegiatan untuka mengetahui apakah tujuan dari startegi
pemasarantelah tercapai atau belum.
v Pelaksanaan proses pemasaran
Kegiatan ini menggunakan media yang
telah dipersiapkan untuk menunjng program melalui pesan –pesan sehingga mudah
diingat oleh masyarakat luas atau konsumen.
4. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN SOSIAL JASA ASUHAN KEBIDANAN
·
Kebutuhan,
Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan
adalah keadaan dimana manusia meras tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan
dasar yang diperlukan misalnya dari segi:
ü Kebutuhan Dasar Bidan
Kelengkapan
alat pertolongan persalinan, bahan-bahan dan obat –obatan.
ü Kebutuhan dasar pasien
Mendapatkan
asuhan nyaman dan aman
Keinginan
adalah hasrat akan suatu hal sesuai dengan kebutuhanya tersebut. Asuhan sayang
ibu adalah keinginan sang ibu.
Beberapa prinsip dasar asuhan sayng ibu adalah mengikut
sertakan suami dan keluarga selama proses persalinan dan kelahiran bayi.
Asuhan
sayang ibu dalam proses persalinan:
1) Panggil ibu sesuai namanya, hargai
dan perlakukan ibu sesuia martabatnya
2) Jelaskan proses persalinan kepada ibu
dan keluarganya
3) Anjurkan ibu untuk bertanya dan
membicarakan ketakutan ataupun kekhawatiranya
4) Dengarkan dan tanggapi pertanyaan dan
kekhawatiran ibu
5) Berikan dukungan, besarkan hatinya
dan tentram kan hati ibu dan anggota keluarganya
6) Anjurkan ibu untuk ditemani oleh
suami atau anggota keluarga yng lain selama persalinan
7) Lakukan praktek – praktek pencegahan
infeksi yang baik
8) Anjurkan ibu mencoba berbagai posisi
selama persalinan
9) Anjurkan ibu minum cairan atau makan,
makan ringan bila ia mau
10) Aanjurkan ibu menyusui bayinya segera
setelah lahir
11) Membantu memulai pemberian ASI segera
setelah bayi lahir
12) Siapak rencana rujukan
Permintaan
adalah keinginan akan sesuatu yang didukung kemampuan serta kesedian
membelinya, misal:
ü Permintaan bidan
Pasien
senantiasa mengikuti nasehat dan saran bidan
ü Permintaan pasien
Mendapatkan
asuhan yang baik, aman, nyaman bagi ibu dan bayinya selama proses persalinan
·
Produk
Produk
merupakan sesuatu yang ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan
masyarakat,misalnya: keselamatan ibu dan bayinya
·
Transaksi
Transaksi
merupakan proses seseorang mendapatkan produk baik memproduksi sendiri, meminta
maupun pertukaran.
·
Pertukaran
Pertukaran
merupakan tindakan memperoleh barang yang dibutuhkan seseorang dengan
menawarkan suatu imbalan. Pertukaran baru akan terjadi apabila kedua belah
pihak dapat menyetujui syarat pertukaran dan masing- masing mendapat
keuntungan dari pertuakaran tersebut.
Misalnya:
Seorang
pasien yang datang ke bidan untuk melakukan persalinam dan bidan membantu dalam
proses persalinan dan pasien mendapat pelayanan yang aman, nyaman bagi ibu dan
bayinya, kemudian bidan menerima imbalan dari pasien berupa materi.
·
Pasar
Pasar
terdiri dari semua pelanggan yang potensial memiliki kebutuhan yang sama
bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
5. SISTEM PEMASARAN
Sistem
adalah sekelompok item atau bagian – bagian yang saling berhubungan dan saling
berkaitan secara tetap dalam membentuk suatu kesatuan terpadu. Jadi dapat
diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas
pemasaran barang,jasa, mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
Dalam
pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan sling berkaitan itu
mencakup:
v Tempat melaksanakan kerja pemasaran
v Produk,jasa, gagasan yang dipasarkan
v Target klien
v Perantara(kader)
v Kendala lingkungan (environmental
constrains)
Sistem pemasaran yang paling sederhan
terdiri dari dua unsur yang saling berkitan, yaitu tempat pemasaran dan target
klien.
6. PROMOSI JASA ASUHAN KEBIDANAN
Promosi jasa asuhan kebidanan adalah
upaya untuk mempromosikan jasa kebidanan kepada masyarakat yang membutuhkan
pelayanan atau asuhan kebidanan, pelayanan atau asuhan kebidanan termasuk dalam
pelayanan kesehatan.
Karakteristik promosi jasa dalam pelayanan kesehatan antara lain:
ü Bersifat sukarela
Tidak
memaksa klien menggunakan layanan yang ditawarkan.klien bebas menentukian
pilihan layanan.
ü Kontak secara personal
Dalam
pelayanan kesehatan tenaga kesehatan harus melakukan kontak langsung secara
persoanal dengan klien melalui pendekatan sosial budaya.
ü Berpacu dengan waktu
Pelayanan
kesehatan harus diberikan dengan segera, dengan mempertimbangkan keadaan klien.
ü Sensitif
Kesehatan
reproduksi merupakan hal yang sangat pribadi dan sensitif, sikap yang
menghormati privasi klien bersikap positif terhadap layanan kesehatan yang kita
berikan.
Peran pemasaran dalam pelayanan
kesehatan adalah:
v Menciptakan diferensiasi
Bian
dituntut mampu memberikan pelayanan yang beragam ( tanpa menyimpang dari
kewenangan yang diberikan)
v Manajemen kualitas pelayanan
Bidan
mampu mengevaluasi diri mengenai kelebihan dan kekurangan layanan kesehatan
yang ia tawarkan kepada klien
v Meningkatkan produktivitas
Tenaga
kesehatan di tuntut untuk memperluas wawasan keilmuan serta keterampilan
teknisnya.
Promosi dalam pelayanan keserhatan
memiliki empat komponen
·
Klien
/pelanggan
Klien
/pelanggan merupakan konsumen dari pelayanan kesehatan yang memiliki kedudukan
penting
·
Kompetisi
Apabila
kompetisi dikelola dengan baik maka akan memotivasi bidan untuk mengevaluasi
dan mengembangkan diri.
·
Jaringan
Jaringan
diperlukan untuk memperluas cakupan pemasaran pelayan kesehatan yang akan
membantu kelancaran kegiatan pemasaran. Jaringan tersebut dapat membentuk
klinik pelayanan dirumah, rujukan dan perusahaan.
·
Klinik
Dalam
mengelola klinik diperlukan beberapa pertimbangan mencakup kekuatan merk,proses
pelayanan,keunggulan kompetitif dan tarif pelayanan.
7. KESIMPULAN
Dari strategi pemasaran sosial diatas
dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran sosial merupakan suatu kegiatan
menjual produk yang berupakomoditi tretentu seperti pelayanan,ide,atau gagasan
dengan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarakat.
Sasaran khusus dalam pemasaran
asuhamn kebidanan adalah ibu hamil,ibu bersalin,ibu nifas,bayi,balita,calon
pengantin,pasangan usia subur, wanita usia monopause,dan lanjut usia.
Tujuan pemasaran asuahan kebidanan
adalah untuk memberikan pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat dan
memberikan pelayanan sesuai dengan standar praktek keterampilan yang mantap.
8. SARAN
*
Berikan
asuhan kebidanan yang aman dan nyaman bagi pasien
*
Dalam
memberukan pelayanan tetap jaga privasi pasien
*
Ciptakan
rasa antara klien dan bidan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar