Sabtu, 17 November 2012


PEMASARAN SOSIAL
JASA ASUHAN KEBIDANAN












NAMA      : DONA LEO ANITA
NIM        : 1113201610






KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN FORD DE KOCK
TAHUN 2011/2012


STRATEGI PEMASARAN SOSIAL JASA ASUHAN KEBIDANAN
1.       PENGERTIAN
Pemasaran sosial merupakan suatu kegiatan menjual produk yang berupa komoditi tertentu seperti pelayanan ide atau gagasan dengan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarakat. Oleh karena itu proses pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan agar dapat terlaksana dengan baik, perli di adopsi pemasaran secara umum kemudian di aplikasikan secara intern sesuai dengan kebutuhan bidan.
Ada beberapa defenisi mengenai pemasaran diantara nya adalah:
a.      Philip khotler (marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
                       
b.      Menurut philip khotler dan Amstrong
Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang memperoleh jasa asuhan apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.       Menurut  W.stanton
Pemasaran adalah sistem keseluiruhan dari usah yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuasakan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

2.      TUJUAN PEMASARAN SOSIAL ASUHAN KEBIDANAN
·         Memberikan pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat.
·         Memberikan pelayanan sesuai dengan standart praktik keterampilan yang mana dalam memberikan pelayanan kepada klien.

3.      MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran yang meliputi:

v  Analisis
Analisi yaitu dengan membuatinventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi yang dapat membantu dan bekerja sama. Sasaran pemasaran jasa asuhan kebidanan adalah ibu hamil,ibu bersalin,ibu nifas,bayi,balita,calon pengantin, pasangan usia subur,wanita usia menopause, dan lanjut usia.
v  Melakukan Riset
Tujuan melakukan riset yaitu untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama kelompok sasaran terhadap jasa pelayanan yang akan diberikan.

v  Menyusun strategi pemasaran
Strategi yang digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
            Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah:
v  Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pesaing dan masyarakat
v  Faktor makro, yaitu demografi /ekonomi, polotik hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

a)      Strategi pemasaran dari sudut pandang penjual:
v  Tempat yang strategis
v  Produk yang bermutu
v  Harga yang kompetitif
v  Promosi yang gencar

b)      Strategi pemasaran dari sudut pandang pembeli/pelanggan :
v  Kebutuhan dan keinginan pelanggan
v  Biaya
v  Kenyamanan
v  Komunikasi


v  Monitoring dan Evaluasi
Kegiatan monitoring adalh proses untuk menemukan kekurangan atau kesalahan pada strategi yang telah diterapkan. Evaluasi merupakan kegiatan untuka mengetahui apakah tujuan dari startegi pemasarantelah tercapai atau belum.
v  Pelaksanaan proses pemasaran
Kegiatan ini menggunakan media yang telah dipersiapkan untuk menunjng program melalui pesan –pesan sehingga mudah diingat oleh masyarakat luas atau konsumen.
4.      FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN SOSIAL JASA ASUHAN KEBIDANAN
·         Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan adalah keadaan dimana manusia meras tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan dasar yang diperlukan misalnya dari segi:
ü  Kebutuhan Dasar Bidan
Kelengkapan alat pertolongan persalinan, bahan-bahan dan obat –obatan.
ü  Kebutuhan dasar pasien
Mendapatkan asuhan nyaman dan aman

Keinginan adalah hasrat akan suatu hal sesuai dengan kebutuhanya tersebut. Asuhan sayang ibu adalah keinginan sang ibu.

Beberapa prinsip dasar asuhan sayng ibu adalah mengikut sertakan suami dan keluarga selama proses persalinan dan kelahiran bayi.
Asuhan sayang ibu dalam proses persalinan:

1)      Panggil ibu sesuai namanya, hargai dan perlakukan ibu sesuia martabatnya
2)      Jelaskan proses persalinan kepada ibu dan keluarganya
3)      Anjurkan ibu untuk bertanya dan membicarakan ketakutan ataupun kekhawatiranya
4)      Dengarkan dan tanggapi pertanyaan dan kekhawatiran ibu
5)      Berikan dukungan, besarkan hatinya dan tentram kan hati ibu dan anggota keluarganya
6)      Anjurkan ibu untuk ditemani oleh suami atau anggota keluarga yng lain selama persalinan
7)      Lakukan praktek – praktek pencegahan infeksi yang baik
8)      Anjurkan ibu mencoba berbagai posisi selama persalinan
9)      Anjurkan ibu minum cairan atau makan, makan ringan bila ia mau
10)  Aanjurkan ibu menyusui bayinya segera setelah lahir
11)  Membantu memulai pemberian ASI segera setelah bayi lahir
12)  Siapak rencana rujukan

Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung kemampuan serta kesedian membelinya, misal:
ü  Permintaan bidan
Pasien senantiasa mengikuti nasehat dan saran bidan
ü  Permintaan pasien
Mendapatkan asuhan yang baik, aman, nyaman bagi ibu dan bayinya selama proses persalinan

·         Produk
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan masyarakat,misalnya: keselamatan ibu dan bayinya

·         Transaksi
Transaksi merupakan proses seseorang mendapatkan produk baik memproduksi sendiri, meminta maupun pertukaran.

·         Pertukaran
Pertukaran merupakan tindakan memperoleh barang yang dibutuhkan seseorang dengan menawarkan suatu imbalan. Pertukaran baru akan terjadi apabila kedua belah pihak dapat menyetujui syarat pertukaran dan masing- masing mendapat keuntungan  dari pertuakaran tersebut. Misalnya:
Seorang pasien yang datang ke bidan untuk melakukan persalinam dan bidan membantu dalam proses persalinan dan pasien mendapat pelayanan yang aman, nyaman bagi ibu dan bayinya, kemudian bidan menerima imbalan dari pasien berupa materi.
·         Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan yang potensial memiliki kebutuhan yang sama bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

5.      SISTEM PEMASARAN
Sistem adalah sekelompok item atau bagian – bagian yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk suatu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang,jasa, mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan sling berkaitan itu mencakup:
v  Tempat melaksanakan kerja pemasaran
v  Produk,jasa, gagasan yang dipasarkan
v  Target klien
v  Perantara(kader)
v  Kendala lingkungan (environmental constrains)
Sistem pemasaran yang paling sederhan terdiri dari dua unsur yang saling berkitan, yaitu tempat pemasaran dan target klien.
6.      PROMOSI JASA ASUHAN KEBIDANAN
Promosi jasa asuhan kebidanan adalah upaya untuk mempromosikan jasa kebidanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan atau asuhan kebidanan, pelayanan atau asuhan kebidanan termasuk dalam pelayanan kesehatan.
Karakteristik promosi jasa dalam pelayanan kesehatan antara lain:
ü  Bersifat sukarela
Tidak memaksa klien menggunakan layanan yang ditawarkan.klien bebas menentukian pilihan layanan.
ü  Kontak secara personal
Dalam pelayanan kesehatan tenaga kesehatan harus melakukan kontak langsung secara persoanal dengan klien melalui pendekatan sosial budaya.
ü  Berpacu dengan waktu
Pelayanan kesehatan harus diberikan dengan segera, dengan mempertimbangkan keadaan klien.
ü  Sensitif
Kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat pribadi dan sensitif, sikap yang menghormati privasi klien bersikap positif terhadap layanan kesehatan yang kita berikan.

Peran pemasaran dalam pelayanan kesehatan adalah:
v  Menciptakan diferensiasi
Bian dituntut mampu memberikan pelayanan yang beragam ( tanpa menyimpang dari kewenangan yang diberikan)
v  Manajemen kualitas pelayanan
Bidan mampu mengevaluasi diri mengenai kelebihan dan kekurangan layanan kesehatan yang ia tawarkan kepada klien
v  Meningkatkan produktivitas
Tenaga kesehatan di tuntut untuk memperluas wawasan keilmuan serta keterampilan teknisnya.

Promosi dalam pelayanan keserhatan memiliki empat komponen
·         Klien /pelanggan
Klien /pelanggan merupakan konsumen dari pelayanan kesehatan yang memiliki kedudukan penting

·         Kompetisi
Apabila kompetisi dikelola dengan baik maka akan memotivasi bidan untuk mengevaluasi dan mengembangkan diri.

·         Jaringan
Jaringan diperlukan untuk memperluas cakupan pemasaran pelayan kesehatan yang akan membantu kelancaran kegiatan pemasaran. Jaringan tersebut dapat membentuk klinik pelayanan dirumah, rujukan dan perusahaan.

·         Klinik
Dalam mengelola klinik diperlukan beberapa pertimbangan mencakup kekuatan merk,proses pelayanan,keunggulan kompetitif dan tarif pelayanan.

7.      KESIMPULAN
Dari strategi pemasaran sosial diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran sosial merupakan suatu kegiatan menjual produk yang berupakomoditi tretentu seperti pelayanan,ide,atau gagasan dengan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarakat.
Sasaran khusus dalam pemasaran asuhamn kebidanan adalah ibu hamil,ibu bersalin,ibu nifas,bayi,balita,calon pengantin,pasangan usia subur, wanita usia monopause,dan lanjut usia.
Tujuan pemasaran asuahan kebidanan adalah untuk memberikan pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat dan memberikan pelayanan sesuai dengan standar praktek keterampilan yang mantap.
                         
8.      SARAN
*        Berikan asuhan kebidanan yang aman dan nyaman bagi pasien
*        Dalam memberukan pelayanan tetap jaga privasi pasien
*        Ciptakan rasa antara klien dan bidan
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar